Topik 1 Aksi Nyata Perspektif Sosiokultural Dalam Pendidikan Winaning Nur Prihatin

 

1.     Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Jawaban:

Pada topik ‘Mulai Dari Diri’ sebelum proses pembelajaran dimulai yang saya pikirkan adalah bagaimana pengaruh perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik di dalam pendidikan, dan model pembelajaran apa yang dapat diterapkan dan disesuaikan oleh calon pendidik ketika dihadapkan dengan perbedaan ke empat faktor tesebut. Selain itu, jika dilihat dari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik, apakah kurikulum merdeka ini sudah memerdekakan warga Negara Indonesia di wilayah kota maupun di wilayah terpencil yang tertinggal fasilitas yang digunakan.

 

2.      Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Jawaban:

Pada topik ‘Eksplorasi Konsep’ saya mempelajari tentang sejarah singkat perjalanan pendidikan pada masa sebelum kemerdekaan dan sesudah kemerdekaan. Pada masa sebelum kemerdekaan Indonesia mengalami keterbelengguan pendidikan, di mana pendidikan tidak untuk bangsa sendiri melainkan untuk kepentingan pemerintah kolonial Belanda dan Jepang. Sehingga pada saat itu pendidikan di Indonesia dijalankan secara terbatas dan tidak merata baik dari akses maupun tujuan pembelajarannya. Setelah kemerdekaan berhasil mengalami kemajuan sesuai dengan yang dicita-citakan Ki Hajar Dewantara sebagai pelopor pendidikan di Indonesia, meskipun dalam perkembangan dan kemajuannya pendidikan tidak akan lepas dari faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik.

 

3.      Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Jawaban:

Pada topik ‘ Ruang Kolaborasi’ saya dan rekan-rekan saya mempelajari implementasi dari kemerdekaan belajar yang terjadi pada saat ini dan apa saja upaya yang dapat dilakukan pendidik untuk menerapkan kemerdekaan belajar pada peserta didik di sekolah. Selain itu, kami juga mengidentifikasi faktor penting sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang mempengaruhi dan menghambat pendidikan di daerah terpencil, penerapan strategi dan model pembelajaran seperti apa yang sesuai dengan keberagaman tersebut, dan dapat dijadikan gambaran bagi kami seorang guru di masa depan dalam mempelajari perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan peserta didik di sekolah.

 

4.      Demonstasi Konstektual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Jawaban:

Pada topik ‘Demonstrasi Konstektual’ saya berdiskusi dengan kelompok untuk memahami penerapan kurikulum merdeka dalam perbedaan faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik pada peserta didik, dari hasil diskusi kelompok tersebut, kami dapat menemukan dan memecahkan permasalahan tersebut, sehingga memudahkan kami dalam memahami pembelajaran dan diharapkan mampu menerapkan hal tersebut ketika sudah terjun secara langsung di sekolah.

 

5.      Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Jawaban:

Pada topik ‘Elaborasi Pemahaman’ saya mulai memahami tentang pendidikan multikulturalisme pada pentingnya keragaman budaya, dan pluralisme sosial, dan etnis dalam pendidikan. Mediasi membantu seorang guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu mediasi perantara manusia dan mediasi simbolik. Dan seorang pendidik memahami potensi diri sendiri untuk membantu siswa dalam meingkatkan potensi belajar mereka. Selain itu juga mulai memahami tentang relevansi dari teori sosiokultural yang saling berhubungan.

Apa hal baru yang Anda pahami atau berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

Jawaban:

Sebelum proses pembelajaran saya tidak mengenal teori Vygotsky, dan setelah melakukan proses pembelajaran saya menjadi tahu dan mengerti teori tersebut, dimana di dalam pembahasan sosiokulturalisme membahas tentang multikulturalisme, mediasi, dan potensi belajar.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Jawaban:

Saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang strategi pembelajaran yang dapat mendukung keberagaman sosial, budaya , ekonomi, dan politik dalam proses pembelajaran di sekolah.

 

6.      Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Jawaban:

Pada topik ‘Koneksi Antar Materi’ saya sudah menggambarkan koneksi materi perspektif  sosial, budaya, ekonomi, dan politik pada tugas sebelumnya dalam bentuk mindmap, berdasarkan hal tersebut saya mengetahui bahwa materi perspektif sosiokultural dalam pendidikan mengalami keterkaitan dengan materi filosofi pendidikan, pemahaman peserta didik dan pembelajarannya, prinsip pengajaran dan asessmen, serta literasi dalam lintas mata pelajaran yang mana keterkaitan tersebut saling terhubung erat dan saling melengkapi serta mendukung satu sama lain.

 

7.      Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Jawaban:

Pada topik ‘Aksi Nyata’ saya dapat menyiapkan diri untuk situasi sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan dan pembelajaran peserta didik di sekolah

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Jawaban:

Kesiapan saya dari angka 1-10 adalah angka 8 karena sebagian besar saya sudah memahami materi dan tinggal menerapkannya pada pembelajaran di kelas.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Jawaban:

Hal yang perlu saya persiapkan yaitu dengan memperbanyak membaca referensi buku bacaaan atau video pembelajaran yang membahas tentang keberagaman sosial, ekonomi, budaya, dan politik di Indonesia, sehingga diharapkan bisa menerapkannya dalam pembelajaran yang sesungguhnya.

Komentar